Bisnis

Usaha Budi Daya Jamur Kuping Skala Bisnis Rumahan

Usaha Budi Daya Jamur Kuping Skala Bisnis Rumahan

Nutrisi yang terkandung dalam jamur kuping terdiri dari air protein, lemak, karbohidrat, serta menyimpan nilai energi sebesar 351 kal. Komoditas pertanian ini mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan antaralain mencegah penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.

Lendir yang dihasilkan dari proses pemanasan jamur kuping berkhasiat sebagai penangkal zat-zat racun yang terbawa dari makanan, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida ataupun racun berbentuk logam berat.

Dengan banyaknya manfaat yang tersimpan di dalamnya, tidak heran bila jamur kuping menjadi komoditas pangan sebagai bahan baku industri kuliner yang laris manis di pasaran, baik dalam bentuk produk olahan maupun untuk konsumsi keseharian.

Dari segi bisnis, budidaya jamur kuping putih, hitam ataupun kering dengan serbuk gergaji dan mau di kota solo jogja hingga di malang menyimpan prospek yang sangat potensial untuk dikembangkan, bahkan untuk level usaha kecil skala bisnis rumahan. Usaha ini termasuk low-risk dengan modal yang relatif terjangkau.

Selain itu, market jamur kuping lokal juga luas dan berpotensi besar untuk diekspor ke beberapa negara yang gemar mengonsumsi jamur tersebut.

Author Since: Jan 01, 2019

Related Post