Bisnis

Usaha Kolam Pemancingan ikan – Bisnis Hiburan Alternatif

Usaha Kolam Pemancingan ikan – Bisnis Hiburan Alternatif

Memancing ternyata tidak semata hanya untuk mencari ikan, tetapi juga menjadi hiburan alternatif bagi sebagian masyarakat indonesia. Hal tersebutlah yang membuat bisnis kolam pemancingan ikan tetap menarik di berbagai daerah. Contoh saja Usaha pemancingan di Kota Malang dan Batu Jawa Timur yang dipadukan lomba dengan beragam hadiah. Bisnis ini semakin menarik karena di saat bulan ramadhan banyak warga melakukannya sambil ngabuburit.

Untung segar pun didapat Suyono warga Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu dan temannya bernama Jody Setiawan. Mereka memulai dengan sepetak kolam pemancingan berukuran 20 meter x 25 meter milik Suyono. Kolam itu diisi satu kuintal atau 100 kilogram ikan lele seharga Rp 11.000 per kg. Sekeliling kolam dibuatkan pematang dan tempat pemancing bisa duduk yang disebut lapak. Di sekitar kolam itu bisa dibuat 144 lapak. Artinya, ada 144 pemancing yang dapat ditampung di kolam itu.

Setelah dimulai sekitar tiga bulan lalu dan tiga kali menggelar lomba memancing, pengunjung di kolam itu masih sepi. Tetapi pada hari Minggu pengunjung sangat ramai. Mungkin karena bertepatan dengan menjelang buka puasa, seluruh lapak terisi penuh. Padahal, untuk satu lapak peserta membayar Rp 25.000. Mereka memperoleh pemasukan Rp 3.600.000.

Dari lomba itu mereka membuat hadiah tertinggi uang Rp 500.000, diikuti hadiah kedua mendapat Rp 300.000, dan seterusnya. Ada pula hadiah hiburan. Mereka juga masih berpeluang mendapatkan pemasukan dari parkir dan makanan. Tentu harapan untung adalah pada lomba berikutnya.

Suasana arena pemancingan menjadi ramai karena pengunjung bisa masuk secara gratis. Pengunjung pun bersorak-sorai jika ada pemancing berhasil mendapatkan ikan lele yang sebelumnya dimasukkan ke kolam pemancingan. Pemancing yang bisa memperoleh ikan terberat mendapatkan hadiah utama. Arena pemancingan ini bukan hanya menawarkan hadiah, melainkan juga kegembiraan dan persaudaraan.

Tak ada peluang curang bagi panitia atau sesama pemancing. Kondisi itu sesuai dengan semangat puasa, yaitu untuk menahan hawa nafsu dan memperkuat silaturahim. Tertarik membuka Usaha Kolam Pemancingan ikan seperti strategi mereka?

Author Since: Jan 01, 2019

Related Post